Penyebab koneksi internet lemot
Tips & Trik

6 Macam Penyebab Koneksi Internet Jadi Lemot

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan utama dalam hidup seseorang. Koneksi internet membantu Anda untuk melancarkan pekerjaan, kegiatan belajar, bahkan memenuhi kebutuhan komunikasi.

Karenanya, Anda butuh koneksi internet yang cepat agar semua aktivitas tersebut bisa terpenuhi dan Anda bisa menjangkau aktivitas tanpa batas setiap hari.

Penyebab Koneksi Internet Lemot

Bagaimana jika tiba-tiba koneksi internet maupun wifi lambat? Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan jaringan internet atau wifi jadi melambat. Berikut adalah beberapa faktor pemicu tersebut:

1. Kendala dari Provider

Salah satu masalah yang cukup sering teradi adalah sulitnya jaringan internet terkoneksi. Misal, semua perangkat telah Anda aktifkan dan terhubung dengan jaringan internet. Namun tidak bisa mengakses apapun karena koneksi tidak berjalan dengan baik. Hal ini bisa saja terjadi karena memang ada kendala dari pihak provider.

Jika masalahnya ada di pihak provider maka segera hubungi customer service-nya untuk melakukan pengaduan layanan. Pihak provider biasanya akan bertindak cepat memberi solusi terbaik untuk mengatasi kendala yang terjadi sehingga internet bisa lancar kembali. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih provider yang tepat dan customer service-nya cekatan.

2. Posisi Router Wifi Terlalu Jauh

Penyebab lain koneksi internet jadi lemot adalah posisi router wifi yang  Anda gunakan letaknya terlalu jauh. Perlu Anda ketahui bahwa router wifi memiliki kapasitas jangkauan terbatas. Jika jaraknya dengan perangkat pengguna terlalu jauh maka sangat mungkin terjadi kesulitan atau kelambatan akses internet.

Sangat disarankan untuk meletakkan router wifi di lokasi yang terjangkau dan memungkinkan akses internet dengan lancar. Mungkin Anda juga bisa meletakkan router di ruangan yang sama dengan tempat Anda mengakses internet.

Selain itu, pastikan router posisi router wifi berada di tempat yang tinggi. Bukan Anda letakkan begitu saja di lantai karena bisa berpengaruh pada kualitas koneksi yang router hasilkan.

Baca Juga: Tips Hp Memilih HP Gaming Terbaik

3. Posisi Router dekat dengan Barang Elektronik

Perhatikan kembali posisi router Anda. Jika router Anda letakkan di dekat barang elektronik. Maka koneksi yang router hasilkan adi lebih lemot. Penting untuk Anda ketahui bahwa barang elektronik akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat membuat sinyal internet menjadi kacau.

Sarannya, letakkan router wifi berjauhan dengan perangkat elektronik lainnya. Jenis barang elektronik yang dimaksud adalah ponsel, televisi, microwave, dan masih banyak lagi. Posisikan saja di tempat yang aman dan tidak berdekatan dengan barang-barang yang memancarkan gelombang elektromagnetik.

4. Kabel LAN Terputus

Periksa kembali kondisi kabel LAN pada mesin router ketika koneksi internet mulai melambat. Internet bisa saja jadi lebih lemot dari biasanya karena kabel LAN terputus. Jika kabel LAN terputus maka router wifi tidak akan dapat menangkap sinyal internet dengan baik.

Sebenarnya pemasangan kabel LAN ini bisa saja Anda lakukan sendiri. Namun sangat disarankan untuk melaporkan kondisi tersebut kepada pihak provider terlebih dahulu. Mintalah provider yang melakukan perbaikan agar risiko kerusakan minimal dan masalah ini bisa teratasi dengan cepat.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online

5. Terlalu Banyak Perangkat Pengguna

Faktor lain yang juga memicu koneksi internet lemot adalah terlalu banyak perangkat pengguna yang terlibat. Hal ini sudah sangat sering terjadi apalagi di rumah yang penghuninya banyak. Sebaiknya sesuaikan kembali kapasitas layanan wifi yang Anda gunakan agar tetap bisa bekerja dengan lancar meskipun dipakai oleh banyak pengguna.

Sama halnya seperti sebuah jalan, semakin banyak orang yang akan melewati jalan tersebut maka kecepatan aksesnya akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, perhatikan berapa banyak orang yang akan menggunakan internet. Pastikan bahwa jumlah pengguna tidak terlalu banyak sehingga koneksi masih tetap lancar.

6. Wifi Dicuri Orang Lain

Ternyata koneksi wifi Anda juga bisa dicuri oleh orang lain. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis jumlah akses menuju koneksi tersebut bertambah sehingga menyebabkan koneksi lemot. Anda bisa melakukan pemeriksaan apakah memang ada pengguna lain yang mencuri koneksi internet tersebut. Lakukan pemblokiran agar orang-orang yang tak diharapkan tidak memakai koneksi internet Anda.

Itulah tadi 6 penyebab koneksi internet jadi lemot. Pilihlah layanan provider yang tepat untuk mendapatkan koneksi internet cepat dan nyaman. Pastikan juga layanan konsumen dari provider bisa berjalan efektif. Wujudkan dari rumah harapan Anda untuk menikmati koneksi internet lancar dengan memilih provider yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.